Gedung Bank Indonesia Thamrin dan Silaban



Hingga 1963 Bank Indonesia bermarkas di wilayah Jakarta kota, menempati gedung peninggalan De Javasche Bank yang selesai dibangun secara lengkap pada 1935. Gedung lama itu dikenal dengan sebutan BI Kota. Pada awal 1960an Bank Indonesia mulai merasa perlu untuk membangun gedung baru yang terletak di kawasan pusat pemerintahan Republik Indonesia.
Pada saat itu arsitek yang dipercaya oleh Presiden Soekarno untuk merancang gedung Bank Indonesia yang baru adalah F. Silaban. Seorang arsitek yang dijuluki oleh Soekarno sebagai arsitek by the grace of God karena sering kali menemukan bangunan yang miring tanpa menggunakan alat bantu modern. Oleh Soekarno Silaban juga dipercaya merancang bangunan Masjid Istiqlal, meskipun sang arsitek bukan seorang muslim. 
                                                          Gedung BI Thamrin
Terkait dengan perancangan gedung Bank Indonesia yang terletak di dekat air mancur  jalan Thamrin, Silaban mengisahkan bahwa Presiden Soekarno, yang juga seorang insinyur tehnik, menghendaki agar bangunan itu tidak menggunakan atap, cukup ditutup dengan menggunakan beton yang datar saja. Menanggapi usulan presiden itu, Silaban menolak dengan keras, bahkan sempat ngambek ketika presiden memaksakan usulannya itu agar diterima oleh Silaban. Akhirnya Silaban mengatakan kepada presiden, kalau presiden tetap memaksakan idenya terkait dengan atap bangunan itu, maka sebaiknya Silaban mengundurkan diri dari pekerjaan perencanaan gedung bank sentral itu.
Akhirnya Presiden Soekarno mengalah kepada Silaban dan membiarkannya untuk berkreasi secara bebas dalam merancang gedung bank sentral yang baru. Silaban mengatakan bahwa keputusannya untuk menggunakan atap itu berdasarkan prinsipnya dalam membangun suatu gedung yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Silaban menggunakan bentuk atap pada gedung Bank Indonesia Thamrin yang sesuai dengan gedung kantor Departemen Pertambangan yang pada saat itu persis berhadapan  dengan gedung Bank Indonesia Thamrin (Mutiara, 1984).
Akhirnya pada awal 1963 gedung bank sentral yang baru itu telah berdiri dengan indahnya, bangunannya tidak terlalu tinggi, cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia, dan serasi dengan lingkungan sekitarnya. Gedung Bank Indonesia Thamrin digunakan sejak 21 Maret 1963 meski peresmiannya baru dilaksanakan pada 5 Juli 1963 bertepatan dengan Hari Bank (Noek Hartono, 1976). Pada saat itu Bank Indonesia dipimpin oleh Mr Soemarno yang posisinya pada 1962 dijadikan setingkat menteri dengan nama Menteri Urusan Bank Sentral (MUBS).
Sejak saat itu Bank Indonesia memiliki dua kantor utama, yaitu Kantor Bank Indonesia Kota dan Kantor Bank Indonesia Thamrin. Keduanya mempunyai makna hitoris yang penting bagi Indonesia.Gedung yang pertama adalah gedung warisan kolonial hasil arsitek berkebangsaan Belanda yang menjadi penanda panjangnya perjalanan bank sirkulasi dan bank sentral di Indonesia. Gedung kedua adalah gedung karya anak bangsa yang menjadi saksi sejarah metamorforsa bank sentral di tengah pergolakan kekuasaan yang silih berganti, dari masa akhir Orde Lama, Orde Baru, Reformasi, hingga saat ini.
                                        Gedung BI Kota yg difungsikan sebagai museum
Pada 1978, Gubernur Bank Indonesia Rachmat Saleh mulai mengambil prakarsa untuk merancang Rencana Induk Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (RIKOPERBI) yang terletak di sekitar Bank Indonesia Thamrin. Rencana Induk itu saat ini telah dapat kita saksikan telah mewujud menjadi Komplek Perkantoran Bank Indonesia yang menempati area lahan yang dibatasi oleh jalan Thamrin, jalan Kebon Sirih, jalan Tanah Abang dan jalan Budi Kemuliaan.

Comments

UnKnown said…
8 PERMAINAN DALAM 1 USER ID :
*ADU Q
*BANDAR POKER
*BANDAR Q
*CAPSA SUSUN
*DOMINO 99
*POKER ONLINE
*SAKONG
*BANDAR 66 (NEW)

NIKMATI SEGALA PERMAINAN DENGAN RATE KEMENANGAN TERTINGGI HANYA ADA DI P O K E R' V I T A. DENGAN MINIMAL DEPOSIT ANDA TELAH DAPAT MENIKMATI 8 PERMAINAN DI ATAS TANPA HARUS MEMINDAHKAN DANA DARI DOMPET. PERMAINAN DIJAMIN TANPA ROBOT, 100 FAIRPLAY, PLAYER VS PLAYER, TRANSAKSI DIJAMIN AMAN SELAMA 24 JAM PENUH.

HUBUNGI KAMI !!
WA: 0812.2222.996
BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

FESTIFAL POKER 2019

JUDI POKER ONLINE UANG ASLI

KARTU POKER ONLINE

Popular posts from this blog

Perbankan masa VOC

Museum Maritim Indonesia: Minidiorama dan Diorama Ruang (3)

Detik-Detik Menjelang Bubarnya Konstituante