Buku "Dari De Javasche Bank Menjadi Bank Indonesia : Fragmen Sejarah Bank Sentral di Indonesia"





Buku ini adalah karya lawas saya yang baru diterbitkan pada Agustus 2014. Lawas dalam pengertian sebagian besar tulisan di dalamnya sudah saya tulis sejak lama, sejak saya masih bekerja pada Unit Khusus Museum Bank Indonesia pada periode 2004 - 2009. Melalui proses yang panjang, saya perbaiki tulisan tulisan itu saya kemas dengan bahasa yang ringan, saya tanggalkan catatan kaki dengan sesekali menggantikannya dengan catatan badan. Hingga akhirnya pada 2014 Penerbit Buku Kompas berkenan menerbitkannya untuk pertama kali.

Harus diakui bahwa selama ini tak banyak perhatian yang cukup diberikan oleh kalangan umum kepada bank sentral. Di Indonesia masih banyak masyarakat luas yang belum mempunyai pengetahuan yang memadai tentang apakah sesungguhnya peranan Bank Indonesia sebagai bank sentral. Peranan Bank Indonesia sebagai bank sentral yang paling banyak diketahui oleh kalangan umum adalah peranan Bank Indonesia dalam pengedaran uang rupiah. Bagi masyarakat umum, mengingat Bank Indonesia berarti mengingat uang baru yang mereka buru setiap menjelang lebaran atau hari-hari perayaan lainnya. 
 
Lalu bagaimana peranan lainnya yang dijalankan oleh Bank Indonesia sebagai bank sentral? dan sejak kapan peranan itu dilaksanakan oleh Bank Indonesia? belum banyak masyarakat yang memerhatikannya dengan baik. Padahal Bank Indonesia  jika dirunut dari sejarahnya adalah salah satu bank sentral yang tertua di kawasan Asia. Buku ini dengan bahasa yang lugas dan sederhana ingin menyampaikan studi tentang bank sentral di Indonesia melalui berbagai penggalan kisah (fragmen) sejarah. Dengan cara itu informasi dan pengetahuan penting tentang bank sentral, perbankan, dan ekonomi Indonesia dapat ditelaah dengan cara yang mudah oleh masyarakat luas. 
Buku ini adalah  buku sejarah populer yang ingin  memberikan pengetahuan sederhana dan mudah dimengerti kepada masyarakat umum tentang peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral. Berbagai sumber yang digunakan dalam penyajian informasi buku ini tentunya adalah informasi penting dan bersifat akademik karena antara lain bersumber dari berbagai literatur, arsip, dan sumber informasi lainnya
Buku ini mengupas sejarah Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia sejak bank tersebut masih berstatus sebagai bank sirkulasi milik pemerintah kolonial Belanda dengan nama De Javasche Bank hingga kemudian dinasionalisasi dan diubah dengan nama Bank Indonesia. Gambaran perkembangan tugas dan fungsi De Javasche Bank/Bank Indonesia sebagai bank sirkulasi hingga kemudian menjadi bank sentral digambarkan secara ringkas dan sederhana dengan diselingi berbagai kisah unik dan menarik tentang bank atau peristiwa ekonomi yang terjadi dari masa ke masa.

Buku terbagi dalam tiga bab yang secara kronologis mengisahkan beberapa penggalan sejarah bank sentral pada tiga periode waktu yang berbeda, yaitu bank sentral periode Hindia Belanda; bank sentral periode awal berdirinya pada masa pemerintahann parlementer dan pemerintahan terpimpin Presiden Soekarno; dan bank sentral pada masa pemerintahan Orde Baru dan masa Reformasi.

Pada setiap bab secara konsisten digambarkan bagaimana peranan, tugas dan fungsi bank sentral dalam mengendalikan kebijakan moneter, mengatur dan mengawasi perbankan, serta dalam pengedaran uang, baik kartal maupun giral. Peranan, tugas dan fungsi bank sentral itu terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan kondisi sosial politik dan ekonomi yang terjadi. Untuk memperkuat latar perkembangan itu, juga dikisahkan beberapa penggalan sejarah atau peristiwa sosial politik dan ekonomi yang melibatkan bank sentral di dalam peristiwa tersebut.

Saya berharap dengan hadirnya buku ini akan menjadi referensi sejarah populer pertama yang membahas sejarah bank sentral di Indonesia. Dalam bentuk penggalan kisah atau fragmen sejarah yang disusun secara kronologis, pembaca akan mendapatkan pengetahuan bank sentral dengan cara mudah, ringan, tapi memuat informasi sejarah yang unik. Buku ini akan menjadi perlu (bahkan wajib) untuk dibaca oleh kalangan lembaga bank sentral, praktisi perbankan, pemerhati ekonomi, mahasiswa dan pelajar, serta masyarakat umum lainnya yang ingin mengetahui sejarah bank sentral di Indonesia.

Selamat membeli! eh, Selamat membaca!

Note:
Untuk pembelian buku dapat ditemukan di toko buku Gramedia seluruh Indonesia dan toko-toko buku lainnya di kota kota anda. Untuk pembelian dalam jumlah besar, dapatkan diskon hingga 30% dengan menghubungi Penerbit Buku Kompas di email buku@kompas.com atau hubungi telpon 021 5347710 atau hubungi penulis di email pekerjamuseum@yahoo.com atau cikidalempat@gmail.com 

Comments

Popular posts from this blog

Perbankan masa VOC

Museum Maritim Indonesia: Minidiorama dan Diorama Ruang (3)

Detik-Detik Menjelang Bubarnya Konstituante