Galeri Pajak 31 Oktober 2014

Masih di sekitar institusi di bawah naungan kementerian keuangan, Direktorat Pajak juga menyelengarakan pameran temporer yang mereka beri nama Galeri Pajak. Dalam teks kuratorial galeri kami tuliskan sebagai berikut:



"Galeri Pajak adalah ruang pamer temporer yang menyajikan gambaran perjalanan lembaga Direktorat Jenderal Pajak dari masa ke masa. Beberapa dokumen dan arsip bersejarah terkait dengan dunia perpajakan di Indonesia yang berhasil dikoleksi dan dirawat oleh Direktorat Jenderal Pajak dipamerkan dalam Galeri Pajak. Beberapa koleksi foto yang menyimpan banyak kisah sejarah lembaga Direktorat Jenderal Pajak dan dunia perpajakan di Indonesia juga dipamerkan dalam Galeri Pajak. 

Profil pimpinan lembaga Direktorat Jenderal Pajak dari periode awal pembentukan lembaga hingga periode sekarang juga disajikan dalam Galeri Pajak. Sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi lembaga terhadap individu pemimpin yang telah berjasa dalam perkembangan lembaga  Direktorat Jenderal Pajak, juga disediakan ruang memorabilia bagi mereka yang ingin menyajikan koleksi pribadi. 

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam sejarah perpajakan di Indonesia, tema Pajak Bumi dan Bangunan juga menjadi bagian menarik yang ditampilkan dalam Galeri Pajak. Informasi sejarah, film documenter, dan beberapa koleksi alat ukur yang pernah digunakan dalam kegiatan  Pajak Bumi dan Bangunan turut meramaikan koleksi Galeri Pajak.



Selain tema-tema sejarah, Galeri Pajak juga memberikan informasi terkait dengan perkembangan peran dan fungsi Direktorat Jenderal Pajak dalam dunia perpajakan di Indonesia. Kontribusi lembaga dalam memperkuat keuangan negara, khususnya dalam sektor fiskal, berusaha digambarkan secara ringkas dan jelas. Dengan demikian Galeri Pajak tak hanya menyampaikan masa lalu, tapi juga mengetengahkan masa kini lembaga  Direktorat Jenderal Pajak sebagai usaha menghadapi masa yang akan datang dengan lebih baik."

Proses penataan:



Ruang Galeri Pajak saat peresmian pameran:












selamat menikmati!

 

Comments

Popular posts from this blog

Perbankan masa VOC

Museum Maritim Indonesia: Minidiorama dan Diorama Ruang (3)

Detik-Detik Menjelang Bubarnya Konstituante